Jumat, 30 Januari 2009

Pengaruh Office Politic terhadap Pelaksanaan Proyek

Pelaksanaan proyek yang efektif tidak terlepas dari peran serta dan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan. Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi sikap dari para stakeholder proyek untuk berperan aktif dalam menyukseskan implementasi proyek.

Office Politic merupakan sebuah situasi dimana kondisi lingkungan tempat kerja atau kantor sangat kondusif yang saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama atau malah sebaliknya terdapat kerajaan-kerajaan kecil didalam perusahaan yang saling bertentangan berebut kekuasaan. Situasi yang kedua tidak selalu memiliki efek negatif bagi proyek, adakalanya justru efek positif yang akan berpengaruh terhadap proyek. Berikut ini adalah sebuah ilustrasi dari kondisi office politic yang berpengaruh negatif dan positif:

Pengaruh Negatif
Sebuah organisasi dimana didalamnya terdapat kerajaan-kerajaan kecil yang saling
bersaing dapat memberikan dampak negatif bagi proyek. Hal ini diakibatkan saling
menjegal serta menjatuhkan, masing-masing pihak tidak mau kesuksesan pihak lain
dalam eksekusi proyek dapat melamahkan posisinya dalam persaingan. Oleh karena itu
sering kali

Pengaruh Positif
Sedangkan pengaruh positif, dimana pengaruh ini sangat jarang, dapat muncul apabila
persaingan diantara kerajaan-kerajaan kecil didalam suatu organisasi dilakukan dengan
sehat, misalnya mereka ingin saling menunjukan bahwa proyek yang mereka kerjakan
dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi organisasi

Dalam kondisi office politic yang kurang kondusif seperti inilah seorang Project Manager dituntut untuk mengubah sebuah persaingan yang kurang sehat menjadi sehat. Tentunya hal ini tidaklah mudah, apalagi persaingan ini sudah tidak lagi dalam urusan pekerjaan tetapi sudah terbawa menjadi masalah personal. Namun demikian, seorang Project Manager yang baik harus berusaha untuk mendapatkan celah dan peluang untuk dapat mengubah persaingan yang negatif menjadi persaingan positif, bahkan mengubah kodisi office politic menjadi lebih kondusif

1 komentar:

Calvin mengatakan...

Hal yang sering saya temui pada saat melakukan implementasi lebih kepada pengaruh negatif. Selain daripada itu pihak Top Management seringkali kurang memiliki kepedulian atas detail operasional implementasi sehingga pada saat implementasi para Top Management menyerahkan seluruh keputusan kepada middle manajemen. tindakan apa yang harus kita ambil dalam kondisi seperti ini?