Rabu, 28 Januari 2009

Project Management sebagai sebuah Ilmu dan Seni

Dalam mengelola sebuah proyek, seorang Project Manager harus memiliki pengetahuan mengenai kaidah-kaidah serta metodologi Project Management. Tanpa memiliki pengetahuan tersebut resiko yang dihadapi dalam eksekusi sebuah proyek akan terlalu tinggi. Terdapat beberapa hal yang harus dimengerti dan digunakan oleh seorang Project Manager untuk mengelola proyek dengan efektif, antara lain:
  1. PMBOK (Project Management Body of Knowledge)
  2. Pengetahuan dalam bidang dimana proyek itu dijalankan
  3. Mengerti dan memahami kondisi lingkungan yang mempengaruhi proyek
  4. Pengetahuan tentang Manajemen secara Umum (General Management)
  5. Interpersonal Skills
Kelima area tersebut pada umumnya merupakan pengetahuan yang dapat dipelajari melalui pelatihan, self study dan mekanisme pembelajaran lain yang lazim dilakukan. Namun bagaimana seorang Project Manager dapat menjalankan dan menggunakan kelima area pengetahuan tersebut dalam sebuah proyek, sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan kreatifitas Project Manager itu sendiri. Hal ini yang menjadikan Project Management tidak hanya merupakan kumpulan ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari, tapi juga sebagai sebuah seni dalam menjalankan seluruh rangkaian proyek tersebut sehingga proyek dapat diselesaikan sesuai dengan tujuan dan obyektif serta harapan dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dari proyek tersebut.

Namun demikian, bagi Project Manager pemula yang baru terjun dalam memimpin sebuah proyek jangan terlalu khawatir, yang penting kelima knowledge area tersebut harus dimengerti dan terus menerus dipelajari. Seiring dengan pengalaman, pasti kemampuan anda dalam mengelola dan memimpin sebuah proyek akan terasah. Hal ini dapat anda buktikan dari hasil yang dicapai, dimana secara umum hasil yang ada peroleh dari proyek yang pertama kali anda pimpin dengan proyek selanjutnya biasanya akan terlihat perbedaannya.

Tidak ada komentar: