Sabtu, 30 Agustus 2008

Mengikuti Testing Project Management Professional (PMP)

Project Management Professional (PMP) adalah sebuah sertifikasi internasional yang diberikan oleh sebuah lembaga manajemen proyek yaitu Project Management Institute (PMI). Sertifikasi ini diberikan kepada para praktisi manajemen proyek atau para manajer proyek yang memenuhi syarat.

Adapun syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mengikuti testing adalah (sumber PMI):
  1. Untuk Lulusan SMA dan Diploma
    • Telah mengikuti paling tidak 35 jam pertemuan dalam pendidikan atau pelatihan manajemen proyek
    • Minimal telah memiliki pengalaman 5 tahun atau 60 bulan dalam manajemen proyek dan telah menghabiskan tidak kurang dari 7500 jam dalam memimpin proyek
  2. Lulusan S1atau setara S1 atau lebih tinggi
    • Telah mengikuti paling tidak 35 jam pertemuan dalam pendidikan atau pelatihan manajemen proyek
    • Minimal telah memiliki pengalaman 3 tahun atau 36 bulan dalam manajemen proyek dan telah menghabiskan tidak kurang dari 4500 jam dalam memimpin proyek
Kedua persyaratan tersebut, pendidikan/pelatihan dan pengalaman memimpin proyek, mutlak untuk dipenuhi sebelum anda bisa mengikuti testing, karena pada saat akan daftar untuk test ada form eligibility untuk diisi. Latarbelakang dibuatnya aturan atau prasyarat tersebut untuk menyaring para peserta testing, sehingga yang dapat mengikuti test adalah orang yang benar-benar telah menggeluti dan berpengalaman secara praktek dan memiliki pengetahuan secara akademis di bidang manajemen proyek.

Persyaratan telah mengikuti pendidikan dan atau pelatihan manajemen proyek dimaksudkan agar yang mengikuti test adalah orang-orang yang tidak hanya tahu dalam praktik mengelola tetapi juga tahu aturan-aturan cara mengelola manajemen proyek yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan. Bagi anda yang pernah mengambil mata kuliah manajemen proyek di S1 dan atau S2 bisa memasukannya sebagai komponen untuk mengisi eligibility dari sisi Pendidikan dan Pelatihan. Cara memasukannya adalah Jumlah SKS x Jumlah Pertemuan selam mengikuti mata kuliah tersebut.
Namun jangan khawatir, bagi anda yang belum menjadi Manajer Proyek sesuai dengan jangka waktu dan jam kerja yang telah ditentukan masih bisa koq mengikuti testingnya dengan catatan anda pernah memimpin proyek sebagai team leader ataupun supervisor proyek selama periode yang disyaratkan, asalkan anda terlibat dalam beberapa tahapan dalam proses manajemen proyek (Initiating, Planning, Executing, Control & Monitor, Closing).

Proyek-proyek yang dilaksanakan overlap, atau beberapa proyek yang dilaksanakan dalam kurun waktu yang sama hanya akan dihitung

Selain anda harus memasukan detail serta keterlibatan anda dalam mengerjakan proyek, anda juga harus memasukan penanggung jawab proyek atau kepada siapa anda report (direct report) beserta contact numbernya. Hal ini dibutuhkan untuk verifikasi pengalaman anda, tapi proses klarifikasinya biasanya dilakukan secara acak, artinya tidak dilakukan terhadap semua pemohon.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi...
Thanks utk info mengenai PMP.

Ada pertanyaan, setelah mendapatkan sertifikasi PMP, apakah ada free job offering (baik short maupun long term)? Yang mana tujuannya adalah utk menambah pengalaman proyek.
Dimana klo saya, prefer utk get more involved in ERP projects.

Terima kasih.

Regards,

Hally.

Dede Mulyana mengatakan...

Hi Hally,

Setelah mendapatkan sertifikasi PMP, anda sudah memiliki nilai lebih dibandingkan project manager lainnya yang belum memiliki sertifikasi tersebut. Oleh karena itu menurut hemat saya, tidaklah perlu khawatir anda tidak akan mendapat kesempatan untuk menambah pengalaman dalam memimpin proyek. Karena begitu banyak perusahaan yang membutuhkan project manager dengan pengakuan internasional (PMP) untuk memimpin proyek-proyek mereka.
Kalau memang pekerjaan yang anda geluti tidak ada hubungannya dengan project tetapi anda sangat berminat menjadi Project Manager, yang perlu anda lakukan setelah mendapat sertifikasi PMP adalah kirimkan application letter untuk posisi Project Manager :)
Untuk ERP project sendiri memang sangat challenging tetapi cukup riskan untuk Project Manager pemula. ERP project biasanya merupakan project yang sifatnya strategis, sehingga hampir tidak ada ruang untuk membuat kesalahan. Oleh karena itu biasanya project ERP akan dipimpin oleh Project Manager yang sangat berpengalaman baik dalam memimpin sebuah projek maupun dalam mengimplementasikan ERP itu sendiri.
Kalau anda memang Project Manager pemula, sebaiknya mulai memimpin proyek dengan skala kecil sampai sedang dengan anggota proyek yang relatif tidak terlalu banyak.
Semoga sukses :)

Unknown mengatakan...

mau tau dong, biayanya berapa dan jadwal pelatihannya berapa lama, dan startnya jam berapa, berhubung saya orang kantoran....tq ya......

Anonim mengatakan...

Hai mas Dede saya ingin bertanya sesuatu mohon dijawab.
Saya baca syarat untuk mendapatkan sertifikasi PMP untuk S1/S2 adalah 3 tahun pengalaman memegang project/36 bulan. Nah pertanyaannya saya blm sama sekali pernah memimpin project, saya adalah Programmer (sudah 3.5 tahun), saya ingin mendapatkan sertifikasi tersebut, apakah diperbolehkan? thanks dan mohon dijawab as soon as possible...


Regards,



Ignatius Rony

Dede Mulyana mengatakan...

Untuk Ignatius Rony,

Pada dasarnya seseorang dianggap eligible atau untuk mendapatkan eligibility letter adalah sesuai persyaratan yang saya telah bahas dalam artikel.

Namun jangan khawatir dulu, karena ketika kita mengisi pengalaman kita di website PMI tidak seluruhnya pengalaman harus Project Manager. Ketiak kita diassign menjadi project coordinator atau berperan dalam satu atau dua tahapan project yang biasanya dilakukan oleh Project Managerpun bisa dimasukan. Yang terpenting posisi kita di project sebagai leader.

Namun demikian,maksud dari PMI mensyaratkan seperti itu sebenarnya untuk melakukan filter agar yang benar-benar mendapatkan sertifikasi adalah Project Manager yang telah berpengalaman, karena PMP adalah satu dari sekian banyak sertifikasi yang diakui didunia dan accross disiplin ilmu.

Sehingga pada saatnya test nanti, pertanyaan yang keluar banyak yang sifatnya untuk menguji tidak hanya pemahaman materi tapi juga pengalaman dan kematangan sebagai Project Manager.

Untuk melihat apakah anda eligible atau belum coba saja masuk ke PMI dan mengisi pengalaman anda. Jangan khawatir, sebelum kita dinyatakan eligible kita belum bayar koq :)

http://www.pmi.org

Good Luck!!!

Semoga membantu

Dede Mulyana mengatakan...

Untuk Rini,

Apabila biaya yang dimaksud adalah biaya sertifikasi, maka jawabannya bisa dilihat langsung di website PMI karena harganya tidak tetap ada kemungkinan berubah dari waktu ke waktu.

Sedangkan trainingnya banyak disediakan dari mulai review training, kelas persiapan sampai Boot Camp (anda bisa cari di lembaga-lembaga training) dan sesuaikan dengan availability anda

Terima kasih

Semoga membantu

Jago ActionScript Indonesia mengatakan...

Ada information untuk PMP yang entry level yaitu CAPM Certified Associate in Project Management.

Tolong sediakan informasi dimana bisa ikut pelatihannya. Supaya bisa menjadi jembatan bagi yang belum punya cukup pengalaman untuk PMP